6 Cara Cerdas untuk Mengurangi Ketergantungan Anak pada Gadget

Finance Solutions

Perkembangan teknologi ibarat pedang bermata dua jika tidak pintar dengannya. Begitu juga dengan dunia digital yang berkembang pesat saat ini. Di satu sisi, ia menawarkan fasilitas yang berbeda untuk orang-orang dan, di sisi lain, memiliki potensi yang memiliki efek sebaliknya.

Ilustrasi Smartphone Android, Gadget. Kredit: Pexels via Pixabay

Begitu juga dengan perkembangan teknologi digital. Hadirnya gadget atau gadget yang semakin “pintar” secara tidak langsung telah menyebabkan perubahan gaya hidup penggunanya. Tidak hanya orang dewasa tetapi juga anak-anak hingga balita menjadi semakin kecanduan. Berita Gadget

Tidak percaya? Lihatlah di sekitarmu. Tidak sulit menemukan bayi yang kurang fasih namun sudah mengetahui cara menggunakan ponsel dan memilih hiburan favoritnya. Sayangnya, alat semacam itu malah memanifestasikan dirinya sebagai “obat penenang” untuk bayi yang aktif.

Para orang tua yang lelah setelah hari yang melelahkan di tempat kerja pasti merasa ini sedikit membantu mereka. Mereka bisa beristirahat sejenak tanpa khawatir bayinya terjatuh atau terluka saat bermain di tempat tidur atau di halaman. Si kecil juga terlihat tenang dan fokus saat berhubungan dengan ponsel atau gadget lainnya.

Pakar perkembangan anak telah mendukung praktik ini. Jauhkan anak usia dua tahun dari layar, termasuk ponsel atau televisi. Sayangnya, tidak mudah bagi orang tua untuk berhenti, apalagi jika sudah terlalu lama dilakukan.

Para orang tua yang terlalu sibuk dengan gadget masing-masing juga bisa menjadi contoh bagi anak-anaknya. Terakhir, keinginan anak untuk menghentikan kebiasaan bermain gadget sangatlah melelahkan.

Adakah cara untuk menghilangkan kebiasaan anak-anak bermain dengan perangkat? Ayah atau ibu bisa melakukan hal berikut di rumah.

  1. Jadilah teladan yang baik

Balita Anda belajar dari apa yang dilihat dan didengarnya, termasuk kebiasaan orang tuanya. Karena itu, sebisa mungkin, jangan berurusan dengan gadget saat Anda sedang bersama anak-anak. Biasanya memindahkan kursi dan pergi ke kamar tidak langsung dilihat oleh anak.

  1. Batasi dan awasi anak menggunakan gadget

Sekarang sulit untuk mencegah anak-anak menjadi gadget. Bisa menangis sepanjang waktu. Untuk menghindari kecanduan, Anda dapat membatasi waktu anak Anda dapat mengakses gadget. Misalnya, berikan 1 hingga 2 jam sehari. Tidak butuh waktu lama tetapi digunakan dalam pembagian waktu yang berbeda,

Batasan sangat penting karena dapat mengganggu perhatian si kecil. Saat menonton film di layar, gambar berubah dengan sangat cepat. Sebelum anak fokus pada suatu objek, objek itu digantikan oleh objek lain, dan seterusnya. Akibatnya anak tidak dilatih untuk memperhatikan sesuatu dalam waktu lama.

Untuk menghindari konten yang tidak pantas, ibu harus selalu mengawasi atau bahkan membimbing anaknya dalam menggunakan gadget. Jangan terbiasa membiarkan anak-anak menjaga gadget mereka. Berita Sepakbola

  1. Ciptakan aktivitas menarik lainnya

Karena batasan gadget, Anda harus secara otomatis membuat aktivitas menyenangkan lainnya bersama anak Anda. Kalau tidak, akan sulit membuat anak-anak melepaskan gadgetnya. Bunda bisa mengajak permainan lain, menggambar, mewarnai, berkebun, bersih-bersih untuk jalan-jalan. Mengundang saudara juga terlihat dalam aktivitas. Termasuk menentukan waktu keluarga.

  1. Jangan main gadget di dalam kamar.

Tentukan area bebas gadget di dalam rumah, salah satunya bukan untuk membawa gadget ke dalam ruangan. Karena bisa menjadi kebiasaan buruk, area yang biasanya digunakan untuk istirahat lebih banyak digunakan untuk bermain gadget. Selain itu, posisi tampilan layar tidak dijamin saat Anda tidur telentang atau tengkurap.

Meja makan juga kerap menjadi area larangan makan, namun tidak menutup kemungkinan menjadi solusi bagi para ibu yang menghadapi anak yang kesulitan makan. Pastikan Anda dan anggota keluarga lainnya juga mengikuti aturan ini, atau setidaknya tidak terlihat oleh anak-anak. Anda bisa mengikutinya nanti.

  1. Tunjukkan bahaya menggunakan gadget

Komunikasi dan edukasi tentang bahaya penggunaan gadget di masa lalu sangat penting dilakukan sejak dini. Si kecil perlu mengetahui aspek negatif dari penggunaan gadget. Berisi informasi tentang cara menghindari dan mencegah hal ini. Apalagi seiring berjalannya waktu si kecil akan terus berkembang dan memiliki akses ke banyak, jadi penting untuk selalu membimbing dan menjelaskan.

  1. Dorong si kecil untuk menerapkan gaya hidup sehat

Tidak cukup hanya bicara, ibu juga butuh tindakan nyata. Dorong anak untuk menerapkan gaya hidup sehat. Ini masih dini hari, jadi jangan biarkan dia bermain gadget, berolahraga, makan sarapan bergizi, dan melakukan aktivitas yang lebih bermanfaat. Termasuk malam menjelang tidur, bukan sentuhan terakhir dan ingat gadget. Berita Teknologi

Mengajarkan pola hidup sehat sejak dini sangat penting untuk proses tumbuh kembang anak. Jangan biarkan anak Anda hidup dengan gadget dan menghambat pertumbuhannya.

Untuk melengkapi gaya hidup anak dan mendukung anak yang lebih sehat, Bunda dapat memberikan ASI Pertumbuhan yang mengandung Nutritods dengan sukrosa 0 gram, lebih banyak laktosa dari formula sebelumnya, kaya kalsium dan protein, minyak ikan, omega 3 dan 6, serat makanan inulin dan mikronutrien. lainnya serta Lactobacillus rhamnosus. Pilih susu berdasarkan usia balita Anda.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.