Tips Agar WhatsApp Tak Bebani Storage

Finance Solutions

WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan instan terpopuler di Indonesia, digunakan oleh hampir semua orang dari berbagai latar belakang. Salah satu alasannya adalah kemudahan penggunaan dan fungsi yang komprehensif. Pengguna tidak hanya dapat mengirim pesan teks, tetapi juga foto, video, suara, dan bahkan dokumen.

Sayangnya, file-file ini seringkali berukuran cukup besar. Dengan demikian, semakin banyak file yang Anda terima, semakin banyak ruang penyimpanan yang digunakan ponsel. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara untuk mem-backup memori internal ponsel yang digunakan WhatsApp. Berikut beberapa tipsnya.

1. Matikan pengunduhan otomatis video dan gambar. Berita Gadget

Secara default, pesan foto dan video secara otomatis diunggah ke WhatsApp. Namun, pengguna bisa mematikannya secara manual. Untuk melakukan ini, pilih Pengaturan dan klik pada menu Penyimpanan & Data. Kemudian pilih saat menggunakan data seluler (saat menggunakan data seluler) dan hapus centang pada kolom untuk foto, audio, video, dan dokumen. Untuk mematikannya sepenuhnya, lakukan hal yang sama di opsi saat menghubungkan melalui WiFi (saat Anda terhubung ke WiFi) dan saat roaming (saat roaming).

2. Hapus obrolan besar

Ketika pengguna mengirim pesan, setiap obrolan memiliki ukuran yang berbeda tergantung pada frekuensi interaksi dan jumlah file media yang mereka terima. Pengguna dapat mengurutkan pesan yang menggunakan terlalu banyak memori untuk menciptakan lebih banyak ruang penyimpanan. Untuk melakukan ini, buka menu pengaturan dengan menekan tombol tiga titik vertikal di sudut kanan atas. Kemudian pilih Penyimpanan & Data> Kelola Penyimpanan.

Gulir ke bawah dan daftar obrolan akan muncul yang memakan banyak memori internal, diurutkan dari yang terbesar ke terkecil. Klik pada obrolan yang ingin Anda bersihkan dan kemudian pilih file yang ingin Anda hapus, baik itu video atau foto. Pengguna juga dapat mencentang kotak di kanan atas layar jika mereka ingin menghapus semua file dari obrolan. Tampilan file dapat diurutkan berdasarkan ukuran dan periode waktu dengan mengetuk ikon tiga baris di sudut kanan atas.

3. Menghapus file media berukuran besar Berita Teknologi

Selain mengurutkan pesan, pengguna juga dapat mengurutkan file yang ingin dihapus. Caranya mirip, pilih setting> penyimpanan data> kelola penyimpanan. File besar dapat dilihat dalam kategori lebih dari 5 MB (lebih dari 5 MB). Klik pada kategori untuk menyisir file yang tidak lagi dibutuhkan.

Anda juga dapat memilih semua file dengan mencentang kolom di sudut kanan atas layar. Selain itu, pengguna juga dapat menghapus file yang sering ditransfer. Caranya selalu sama, buka kategori “sering ditransfer” lalu pilih file yang ingin Anda hapus atau hapus semua.

4. Aktifkan cadangan Google Drive / iCloud.

Secara default, WhatsApp menyimpan obrolan di memori internal. Oleh karena itu, ketika pengguna menerima pesan yang besar, memori internal yang dipakai. Menyimpan obrolan dan media di penyimpanan cloud, seperti Google Drive atau iCloud, dapat mengurangi beban pada memori internal ponsel. Untuk melakukan ini, klik pengaturan> obrolan (percakapan)> cadangan obrolan (cadangan obrolan)> cadangan (cadangan). Ingatlah untuk menuliskan alamat email Anda untuk backup file dan chat. Pengguna juga dapat mengatur kapan harus mencadangkan file dan obrolan.

Untuk melakukan ini, pilih ‘backup ke Google Drive / iCloud’ (backup ke Google Drive / iCloud) dan kemudian pilih waktu backup yang diinginkan, atau ‘hanya ketika saya mengetuk’ simpan ‘untuk backup manual, “setiap hari” (harian), “mingguan” (mingguan), atau “bulanan” (bulanan). Perlu diingat bahwa mencadangkan file ke cloud membutuhkan banyak daya baterai dan kuota data. Anda tidak ingin kehabisan data, Anda dapat memilih ‘backup ke’ (backup via)> pilih antara wifi atau wifi / seluler.

5. Minimalkan Lihat Status WhatsApp

Pengguna WhatsApp sering kali penasaran dengan unduhan pengguna lain di tab Status. Namun, lebih baik kurangi perasaan “bau busuk” tersebut. Status WhatsApp yang Anda lihat akan diunduh dan disimpan di memori internal ponsel. Tidak ada salahnya menjadi lebih selektif dalam melihat unduhan status WhatsApp dari kontak yang kita simpan. Namun, file status WhatsApp yang disimpan di memori internal hanya bersifat sementara. Status WhatsApp disimpan di

Selain status, file GIF dan stiker juga menggunakan ruang penyimpanan internal. Semakin sering Anda mengirim GIF atau stiker, semakin banyak ruang penyimpanan yang diperlukan. Untuk menghapusnya secara manual, buka memori internal ponsel. Kemudian pilih aplikasi WhatsApp> Media> pilih file yang ingin Anda hapus, baik itu status, gif atau stiker. Berita Sepakbola

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.