Akankah Popularitas Aplikasi Clubhouse Bertahan ?

Finance Solutions

Aplikasi Clubhouse muncul setelah CEO Tesla Elon Musk “mempromosikan” media sosial barunya ini beberapa waktu lalu. Popularitasnya langsung meledak, bahkan di Indonesia. Mulai dari influencer, pemain di industri hiburan, bahkan mantan pegawai negeri.

Popularitas Clubhouse tiba-tiba meroket dan pertanyaannya “jika aplikasinya juga Clubhouse, apakah akan segera memudar?”. Meski populer dalam kurun waktu yang singkat, pengamat dan penggiat media sosial memprediksi bahwa aplikasi Clubhouse ini akan memiliki umur yang panjang. Ada sejumlah faktor di balik ini.

Hal itu diungkapkan pengamat gadget Lucky Sebastian. “Ini akan lebih banyak dimuat ketika aplikasi Android muncul,” kata Lucky. Namun, Lucky mengatakan Clubhouse tidak boleh senang dengan popularitas yang didapatnya hari ini. Memang, aplikasi serupa lainnya mungkin muncul dan menjadi pesaing Clubhouse. Oleh karena itu, Clubhouse harus terus berkembang dengan fungsi-fungsi baru yang membuat konsumen betah, ”lanjut Lucky.

  • Platform Alternatif

Sebelum Clubhouse lahir, podcast sangat populer. Lucky mengungkapkan, audio platform semacam itu memang menjadi alternatif untuk mendengarkan musik, terutama bagi para komuter travel.

“Saat ini, banyak komuter menghabiskan waktu mereka di transportasi umum sambil mendengarkan podcast,” kata Lucky. Ia melanjutkan, Clubhouse sepertinya memiliki umur yang panjang karena menawarkan pengalaman yang berbeda dari podcast, terutama kemampuan live streaming dan kemudahan pembuatan konten.

Di Clubhouse, pengguna dapat membuat papan diskusi atau diskusi, kemudian menyiarkannya secara langsung (dalam waktu nyata) dan mendengarkannya oleh pengguna lain. Terkadang pendengar juga dapat berpartisipasi atau berkomentar, jika diizinkan oleh moderator (pembawa acara). “Jadi lebih interaktif karena ada dua cara topiknya bisa serius dan tidak (seserius podcast). Ada juga yang unsur fun,” kata Lucky.

Tidak hanya muncul sebagai pesaing Podcast, Eno Bening, konsultan media sosial dan pembuat konten YouTube, melihat Clubhouse sebagai inkarnasi baru “radio.” “Unik menurut saya, banyak orang yang tidak tahu tentang radio (clubhouse),” kata Eno. Hal ini dikarenakan clubhouse dan radio memiliki pondasi yang sama yaitu media audio yang isinya disiarkan secara langsung. “Bedanya, kalau radio mencari frekuensi, clubhouse ini mencari ruang percakapan yang asik,” lanjut Eno. Ia berpendapat bahwa orang-orang yang berada dalam pandemi seperti saat ini ingin menikmati kembali pengalaman mendengarkan radio dalam versi baru.

Selain itu, menurut Lucky, Eno juga mengatakan kehadiran Clubhouse di Android akan memperpanjang umur aplikasi ini di masa mendatang. “Saya kira ini akan memiliki umur yang panjang. Kenapa? Karena aplikasi ini akan tersedia di Android,” kata Eno.

  • Masih perlu perbaikan

Meskipun diprediksi akan mampu bertahan di tengah persaingan di media sosial, Clubhouse masih membutuhkan banyak pembenahan. Aktivis media sosial Dennis Adhiswara menyatakan bahwa Clubhouse memiliki banyak pekerjaan rumah, terutama dalam hal monetisasi dan fitur untuk mendukung pembuat konten. Dennis telah menjelaskan beberapa hal yang menurutnya perlu ditingkatkan oleh Clubhouse, termasuk kemampuan untuk memonetisasi dan menyediakan fungsionalitas analitik kepada pembuat konten.

Selain itu, Dennis juga menyarankan agar Clubhouse menambahkan opsi fitur integrasi dengan email agar komunikasi antara pembicara dan pendengar lebih banyak. Belum lagi, menurut Dennis, Clubhouse juga perlu menggaet beberapa tokoh besar agar pembuat konten Clubhouse betah membuat konten di sana.

Clubhouse tidak dirilis hingga Maret 2020. Meskipun CEO Clubhouse Paul Davidson masih dalam tahap awal, ia mengungkapkan bahwa aplikasi yang dibuat oleh Rohan Seth ini telah digunakan oleh lebih dari dua juta pengguna. Perusahaan riset App Annie juga mencatat peningkatan jumlah unduhan aplikasi Clubhouse pada Februari, dari 3,5 juta unduhan pada 1 Februari menjadi 8,1 juta unduhan pada 16 Februari. Berita Sepakbola

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.