Alasan Smartphone Berbentuk Persegi Panjang

Finance Solutions

Sebagian besar smartphone masa kini pastinya berbentuk persegi panjang atau biasa dikenal dengan bentuk coklat batangan atau disebut juga dengan “candy bar”. Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa desain ponsel harus terlihat seperti ini? Bagaimana dengan lingkaran, segitiga, bentuk trapesium, atau bidang lain?

Menurut Max Burton, direktur kreatif eksekutif firma desain Amerika Frog Design, ponsel berbentuk persegi panjang karena desainnya secara historis dibuat seperti itu. “Sebagian besar ponsel pertama di dunia berbentuk persegi panjang,” kata Burton. Jenis desain ini, lanjut Burton, masuk akal. Memang bentuknya yang persegi panjang memudahkan untuk menempatkan berbagai komponen smartphone, seperti layar, keyboard, mikrofon, antena, speaker, dll.

Alasan lain dijelaskan dengan bantuan video berjudul “Inilah mengapa smartphone berbentuk persegi panjang” yang diposting di saluran YouTube memungkinkan berbagi berbagai informasi dan pengetahuan umum, Sympa. “Desain persegi panjang merupakan desain yang paling cocok untuk sebuah smartphone karena memiliki orientasi layar portrait dan landscape,” ujar Bright Side.

Dengan orientasi layar, Bright Side mengatakan pengguna dapat dengan mudah memutar ponsel mereka ke kiri atau ke kanan untuk berbagai keperluan seperti membaca buku atau menonton video. “Bayangkan jika bentuk layar smartphone berbentuk lingkaran, Anda akan kesulitan memutarnya dan memasangnya di bagian atas layar,” tambah Bright Side. Bright Side juga menjelaskan bahwa desain ponsel telah disesuaikan dengan berbagai benda sehari-hari yang memang berbentuk persegi panjang, seperti kertas, buku, foto, dll. Sebuah smartphone dengan bentuk diluar segiempat oleh karena itu terlihat asing bagi penggunanya.

Persegi panjang nyaman untuk digenggam Berita Teknologi

Alasan lain datang dari banyaknya komentar di situs tanya jawab Quora yang menyebutkan bahwa objek persegi panjang dalam hal ini smartphone dianggap lebih mudah untuk digenggam dengan satu tangan dibandingkan objek dengan bentuk lainnya. Misal, jika anda memegang kaset CD, dikatakan tangan kita agak susah untuk dibawa. Hal yang sama akan terjadi jika kita memegang perangkat berbentuk bulat.

Dengan bentuk candy bar, smartphone serasa nyaman digunakan dan tergeletak di genggaman. Selain itu, perangkat ini umumnya digunakan untuk berkomunikasi dengan orang atau bermain game dalam waktu yang lama. Ditambah lagi, desain persegi panjang dari sebuah smartphone dapat dengan mudah masuk ke dalam celana atau saku dada. Ponsel juga mudah diakses dalam segala situasi jika diperlukan.

Rasio Ukuran Layar Berita Gadget

Saat kami beralih ke area yang lebih teknis, rasio ukuran layar adalah alasan banyak smartphone berbentuk persegi panjang. Sejak kedatangan smartphone layar sentuh pertama, rasio layar jarang 1: 1 (persegi, persegi). Misalnya, iPhone generasi pertama memiliki aspek rasio 2: 3. Ukuran layar ini sangat erat kaitannya dengan pengalaman menikmati konten di smartphone. Kini sebagian besar smartphone memiliki aspek rasio layar yang lebih tinggi karena layar ponsel cenderung lebih lebar dalam orientasi potret (atas dan bawah).

Rasio layar yang populer di sebagian besar smartphone adalah 16: 9, namun rasio layar 20: 9 kini telah diadopsi oleh smartphone modern untuk memberikan layar lapang yang dapat memuaskan pengalaman visual pengguna. Dengan jenis rasio layar ini, setiap piksel, yang sebenarnya berbentuk persegi, dapat dengan sempurna mengisi layar persegi panjang ponsel tanpa meninggalkan ruang kosong.

Persegi panjang mengandung banyak komponen. Berita Sepakbola

Alasan faktor bentuk persegi panjang juga dapat dijelaskan dari konsep matematika, dimana bidang secara teoritis dapat memuat hal-hal yang lebih simetris. Jika Anda mis. Saat Anda menulis sebaris teks, area persegi panjang dapat mengisi semua sisi, tidak seperti segitiga atau lingkaran yang masih menyisakan ruang yang terbuang percuma, seperti terlihat pada gambar di atas. Hal tersebut dikatakan turut andil dalam penempatan berbagai komponen hardware di smartphone, yang jumlahnya tidak sedikit.

Dibandingkan dengan lingkaran atau segitiga, bentuk persegi panjang dapat dengan aman menampung banyak komponen ponsel dengan rapi dan tidak menyia-nyiakan ruang kosong. Terlepas dari berbagai alasan tersebut, saat ini kita sepertinya terbiasa dengan ponsel persegi panjang dari vendor smartphone yang berbeda. Meski bentuknya mungkin terlihat sama, tentu ada banyak faktor yang membedakan satu perangkat dari yang lain dan memengaruhi minat pembeli seperti desain, jenis layar, kamera, spesifikasi, dll.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.