Birdwatch Twitter, Program Antisipasi Hoaks

Finance Solutions

Hoax dan misinformasi adalah penyakit yang tidak pernah berakhir di media sosial. Semua platform media sosial mencoba berbagai cara untuk mengatasi masalah ini. Termasuk Twitter yang kini memperkenalkan cara baru untuk menangkis hoax, disinformasi, dan lainnya. melalui program yang disebut Birdwatch. Berita Gadget

Birdwatch bekerja dengan cara yang sama seperti “pengecekan fakta”, yang melibatkan koreksi tipuan dan informasi menyesatkan lainnya yang di-tweet oleh pengguna Twitter dengan memberikan konteks dalam tweet. Birdwatch bekerja seperti forum mini.

Berkat Birdwatch, pengguna Twitter yang melihat tweet yang menipu bisa membuat catatan di tweet tersebut. Catatan tersebut mungkin berisi fakta faktual serta konteks informasi yang menyesatkan. Saat ini Birdwatch hanya tersedia di Amerika Serikat dan belum masuk ke negara lain, termasuk Indonesia.

“Birdwatch memungkinkan orang untuk mengidentifikasi informasi dalam tweet yang mereka yakini menyesatkan atau tidak akurat, dan untuk menulis catatan untuk memberikan konteks informasional,” kata Keith Coleman, wakil presiden produk Twitter, seperti dikutip oleh NBC News. Saat pertama kali diluncurkan, Twitter memiliki sekitar 1.000 pengguna di Amerika Serikat. Mereka dapat membuat catatan di tweet pengguna lain. Namun, catatan ini tidak terlihat di situs Twitter untuk saat ini, tetapi di halaman terpisah dari halaman berikutnya.

Tujuan Birdwatch Berita Teknologi

Twitter mengatakan bahwa tujuan akhirnya adalah membuat catatan ini terlihat oleh pengguna Twitter global ketika sudah ada diskusi dari kelompok kontributor yang lebih besar dan lebih beragam. Selain itu, pengguna baru program ini juga dapat memberikan peringkat ke peringkat pengguna lain.

“Kami yakin pendekatan ini berpotensi untuk merespon dengan cepat informasi menyesatkan yang beredar, menambahkan konteks pada apa yang dianggap penting oleh orang,” kata Coleman.

Keberadaan program Birdwatch sendiri sebenarnya diungkap oleh Twitter pada tahun 2020 dan baru terwujud awal tahun ini, meski belum diluncurkan. Twitter mengklaim telah mewawancarai 100 orang dari semua latar belakang politik. Mereka mengklaim bahwa catatan di Birdwatch memberikan konteks yang berguna untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang tweet yang diunggah. Berita Sepakbola

“Tujuan kami adalah membuat Birdwatch terbuka dan kuat melalui komunitas Twitter,” kata Coleman. Semua data yang dibawa ke Birdwatch akan tersedia dan dapat diunduh dalam format file TSV. Twitter akan memposting algoritme yang digunakan untuk mendukung program secara publik, Birdwatch Guide.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.