Cara Membersihkan Memori Penyimpanan di Windows 10

Finance Solutions

Performa komputer (PC) atau laptop menurun seiring waktu. Apalagi jika ada banyak file atau dokumen yang tidak perlu di dalam memori penyimpanan. Agar laptop dan komputer Anda berfungsi dengan baik, Anda disarankan untuk secara teratur menghapus drive atau penyimpanan untuk file “sampah”. Nah, untuk menjaga dan membersihkan player di laptop, ada beberapa trik yang bisa dilakukan. Berikut 5 cara untuk membersihkan drive di laptop dan PC yang menjalankan sistem operasi Windows 10. Berita Gadget

  • Hapus sementara dengan Disk Cleanup.

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah membersihkan ruang penyimpanan komputer Anda dari berbagai file sampah dengan fitur “Disk Cleanup”.

Fitur ini dapat diakses dengan masuk ke menu Start, mengetik kata kunci “Disk Cleanup” dan menekan Enter.

Di halaman berikutnya, Anda akan melihat daftar file sampah yang dapat dibersihkan oleh Windows. Pilih penyimpanan yang ingin Anda bersihkan dan klik tombol “OK”. Kemudian pilih file yang ingin Anda bersihkan dengan mencentang kotak yang sesuai. Kemudian klik “OK” dan “Hapus file”. Proses ini dapat dilakukan secara berkala untuk menambah ruang penyimpanan media.

Berhati-hatilah untuk tidak menghapus file yang diunduh dan Recycle Bin karena mungkin ada beberapa file penting di folder ini. Anda dapat menghapus data di keranjang sampah jika Anda yakin bahwa Anda tidak lagi memerlukan data yang dapat dipulihkan di folder itu. Berita Teknologi

Hapus File Besar

Selain menghapus file temporary, pengguna juga bisa membersihkan Windows 10 dengan mencari data lama yang sudah tidak penting lagi. Data ini biasanya diabaikan dan mengisi hard drive komputer pengguna. Untuk menghapus data ini, pengguna dapat mengunduh aplikasi TreeSize Free. Aplikasi ini dapat memindai dan menampilkan file terbesar di laptop. Setelah menginstal TreeSize, buka aplikasi dan pilih “Direktori” di kiri atas dan pilih drive penyimpanan utama Anda. Nanti Anda akan melihat kerusakan penyimpanan PC dengan file yang lebih besar di bagian atas. Anda dapat menyeret panah drop-down ke folder mana pun untuk melihat seluruh data. Di sana pengguna dapat memilih file mana yang akan dihapus.

Hapus aplikasi besar

Pengguna juga dapat menghapus aplikasi besar yang seringkali menghabiskan ruang penyimpanan. Untuk melakukan ini, buka menu Pengaturan lalu pilih opsi Aplikasi. Kemudian pilih opsi Aplikasi dan fitur yang aplikasi dapat dihapus. Membersihkan aplikasi bloatware Bloatware adalah aplikasi default yang dipasang selama penginstalan sistem operasi.

Bloatware juga biasa ditemukan di sistem operasi Windows 10. Tidak seperti aplikasi biasa, bloatware tidak dapat ditemukan di menu “Aplikasi dan Fitur” seperti aplikasi Windows biasa. Sebagian besar aplikasi ini jarang digunakan oleh pengguna dan hanya mengisi ruang penyimpanan. Anda bisa langsung membuka menu “Start” lalu klik kanan. Kemudian opsi untuk menghapus aplikasi dari komputer akan muncul.

Reset Windows Jika ingin cara yang lebih cepat, pengguna bisa memanfaatkan pilihan “Reset this PC” yang tersedia di menu “Recovery Settings”. Namun, menggunakan opsi ini akan mengembalikan komputer ke keadaan semula dan semua dokumen yang disimpan akan hilang. Menggunakan opsi ini juga akan mengembalikan aplikasi bloatware yang telah dihapus ke normal.

Anda dapat pergi ke “Settings” lalu “Update & Security” dan pilih Recovery dan kemudian “Reset PC”. Dirangkum KompasTekno Makeuseof, Jumat (16/10/2020), jika cara ini digunakan, sebaiknya pengguna melakukan backup data penting terlebih dahulu. Berita Sepakbola

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.