Cara Menjadwalkan Komputer Mati Secara Otomatis

Finance Solutions

Anda dapat mematikan atau mematikan komputer dengan aman dari menu “Shut Down”, yang dapat Anda akses dari menu “Start”. Namun, pengguna mungkin lupa mematikan komputernya, terutama di malam hari, dan tiba-tiba tertidur. Ini akan membuat komputer tetap menyala dan perangkat tetap menyala. Berita Gadget

Sebenarnya ada beberapa cara agar pengguna dapat menjadwalkan komputer untuk mati secara otomatis. Dengan cara ini, pengguna tidak perlu mematikan komputer dengan membuka menu “Start”. Ini tidak diragukan lagi berguna bagi mereka yang ingin bepergian, tetapi mereka harus menyalakan komputer untuk menunggu proses pengunggahan atau pengunduhan. Karena komputer bisa dibiarkan hidup dan mati secara otomatis nantinya. Lantas, bagaimana cara menjadwalkan shutdown pada PC / laptop Windows 10? Aplikasi apa yang dapat digunakan pengguna? Yuk sekarang, simak panduan selanjutnya!

  • Gunakan command prompt

Aplikasi sistem command prompt dapat digunakan untuk berbagai hal, termasuk penjadwalan shutdown komputer. Caranya cukup sederhana. Pengguna hanya diperbolehkan membuka program Command Prompt dengan mengetik kata “cmd” saat mengunjungi menu “Start” dan mengetik perintah “shutdown / s / t * waktu yang ditentukan *. Waktu yang ditentukan di sini hanya mendukung format waktu kedua, sehingga pengguna perlu mengubah menit atau jam menjadi detik terlebih dahulu, misalnya jika pengguna ingin mematikan komputer selama 10 detik. Menit berikutnya dapat mengetik “ shutdown / s / h 600 ”, yang artinya komputer akan mati dalam 600 detik (10 menit).

Jika Anda tidak ingin khawatir dengan perhitungannya, Anda dapat melakukan konversi waktu kedua dari situs web di tautan berikut. Setelah mengetik perintah, klik “Enter” pada keyboard. Untuk membatalkan rencana shutdown yang dibuat, pengguna cukup mengetik perintah “shutdown / a” dalam aplikasi yang sama dan keluar dengan mengklik “Enter”.

Proses shutdown otomatis juga dapat dilakukan melalui aplikasi Task Scheduler yang dapat diakses dengan mengetikkan “Task Scheduler” pada menu “Start”. Kemudian pilih menu “Action” dan klik menu “Create a Basic Task”. Pada layar berikutnya, ketik kata “tutup” di bidang nama dan klik tombol “Berikutnya”. Kemudian pilih seberapa sering proses penutupan ini harus dilakukan, bisa harian, mingguan, bulanan, dll. Kemudian klik tombol “Next” lagi. Kemudian Anda perlu mengatur waktu proses shutdown, misalnya “04/27/2021” untuk tanggal dan “12.00.00” untuk saat ini. Jika disetel seperti ini dan pematian harian atau “harian” yang dipilih sebelumnya, proses pematian otomatis akan dimulai pada 27 April 2021 pukul.

Setelah Anda menyetel waktu, klik tombol “Next”. Kemudian pilih opsi “Start a program”, klik tombol “Next” lagi dan masukkan perintah shutdown, yang secara otomatis akan memulai program shutdown. Di sini Anda harus mengetikkan perintah “shutdown” di kolom “Program / script” dan “/ s / t 0” di kolom “Tambahkan argumen (opsional)” seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Terakhir, klik tombol “Next” dan klik tombol “Finish” untuk menyelesaikan jadwal shutdown dan komputer akan mati pada tanggal dan waktu yang ditentukan.

Selain menggunakan aplikasi sistem standar Windows 10 yang terkesan rumit, pengguna juga dapat dengan mudah mematikan komputer sesuai jadwal menggunakan aplikasi PowerOff Timer, yang dapat diunduh dari tautan berikut. Setelah program diinstal, buka program dan pilih opsi “Keluar”. Kemudian atur kapan komputer mati secara otomatis. Terakhir, klik tombol “Activate”. Jika pengguna ingin membatalkan waktu penonaktifan, buka kembali aplikasi dan klik tombol “Nonaktifkan”.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.