Efek Buruk Sinar Biru Smartphone

Finance Solutions

Paparan cahaya pada layar smartphone dan tablet di malam hari bahkan bisa berdampak negatif pada otak dan tubuh manusia. Menurut sebuah studi oleh Harvard Health Publications, tubuh manusia memiliki siklus alami untuk tetap terjaga di siang hari dan tertidur di malam hari. Namun, saat siklus alami ini terkena cahaya dari layar smartphone di malam hari, perlahan akan rusak dan memengaruhi banyak hal. Alasannya, paparan cahaya membingungkan otak, apakah sudah waktunya untuk tidur atau bangun. Berita Gadget

Selain itu, paparan cahaya ponsel cerdas menarik perhatian pengguna untuk terus menonton konten seperti garis waktu media sosial, video, diskusi aplikasi disk, dan banyak lagi. Akibatnya, otak berhenti memproduksi melatonin, hormon yang merangsang tubuh untuk tidur. Saat produksi melatonin terganggu, siklus tidur terganggu, seperti saat Anda mengalami jet lag.

Berikut ini adalah beberapa dampak kesehatan negatif dari paparan cahaya pada layar smartphone di malam hari. Berita Teknologi

Pertama, paparan cahaya dari layar smartphone mengurangi jumlah kedipan, yang memengaruhi ketegangan mata, iritasi mata, mata kering, dan mata kabur.

Kedua, mengurangi hormon melatonin, yang membuat Anda sulit tidur, yang mengganggu siklus istirahat otak. Jika demikian, memori atau memori Anda mungkin terpengaruh secara perlahan.

Ketiga, siklus tidur yang terganggu akan mengganggu kerja hormon lain di dalam tubuh, termasuk hormon yang mengontrol rasa lapar. Akibatnya, Anda bisa terus-menerus lapar dan berisiko mengalami obesitas.

Keempat, dalam jangka panjang, kekurangan hormon melatonin akan menyebabkan neurotoksin sulit berkembang sehingga otak sulit berkembang. Salah satu akibat yang paling tragis adalah penyakit Alzheimer yang pelupa.

Kelima, Anda akan lebih sulit belajar karena kurang tidur. Otak akan bekerja perlahan untuk menangkap dan memahami hal-hal baru.

Keenam, kadar hormon melatonin yang kurang dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan jiwa seperti depresi, serta penyakit lain seperti kanker payudara dan prostat.

Ketujuh, menurut penelitian, hindari paparan layar smartphone jika Anda sedang fokus pada sesuatu. Pasalnya, sedikit “cabai rawit” bisa menurunkan kemampuan kognitif dan konsentrasi. Berita Sepakbola

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.