Fitur Tersembunyi Spotify

Finance Solutions

Spotify adalah aplikasi populer yang digunakan untuk mendengarkan lagu atau podcast. Layanan streaming musik ini pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2016. Hadirnya aplikasi Spotify tentunya membantu pengguna menemukan lagu-lagu populer dengan cepat. Berita Gadget

Selain itu, Spotify juga hadir dengan beragam fitur, baik versi gratis maupun premium. Namun, hanya sedikit pengguna yang belum memanfaatkan fitur Spotify secara optimal. Mungkin karena pengguna tidak merasa perlu atau bahkan tidak menyadari fungsinya. Nah, untuk itu, KompasTekno merangkum lima fitur di Spotify yang mungkin belum banyak diketahui pengguna.

1. Tambahkan lagu dari ponsel atau laptop ke playlist

Apakah Anda ingin mendengarkan lagu favorit Anda, tetapi tidak di Spotify? Jangan khawatir, Anda juga bisa menambahkan lagu dari ponsel atau laptop langsung ke playlist. Sederhana, buka versi desktop aplikasi Spotify.

Pilih menu Preferensi dan gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi File Lokal. Saat Anda mengkliknya, opsi “Add Source” akan muncul untuk mengimpor lagu dari folder penyimpanan musik di laptop atau komputer Anda. Tentu saja, Anda harus terlebih dahulu mengaktifkan fungsi “Tampilkan file lokal” melalui sakelar yang tersedia. Setelah musik ditambahkan, Anda dapat melihatnya di bagian File Lokal di sidebar kiri.

  1. Pulihkan daftar putar yang dihapus Berita Teknologi

Spotify memiliki fitur yang memungkinkan pengguna memulihkan daftar putar yang tidak sengaja terhapus. Untuk melakukan ini, Anda hanya perlu masuk ke halaman profil. Kemudian pilih opsi “Pulihkan Daftar Putar” di sisi kiri layar. Kemudian pilih playlist yang ingin Anda pulihkan dengan mengklik opsi “Pulihkan” untuk kembali normal.

  1. Cari lagu dari tahun tertentu

Apakah Anda ingin mencari nomor dari periode tertentu? Sekarang Anda dapat menambahkan kata “Tahun” di Spotify untuk mengubah hasil pencarian. Misalnya Anda ingin mendengarkan lagu Coldplay dari tahun 2002 hingga 2005. Anda tinggal mengetik nama Coldplay di bilah pencarian Spotify dan menambahkan kata kunci “year: 2002-2005” tanpa spasi. Nantinya, hasil pencarian akan muncul dalam bentuk lagu dan album Coldplay yang dirilis antara tahun 2002 dan 2005.

  1. Sesuaikan kualitas audio

Spotify juga memiliki fungsi untuk mengatur kualitas audio dari lagu yang sedang Anda dengarkan. Fungsi ini cocok untuk pengguna yang takut kehabisan data saat mendengarkan lagu. Yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi menu Pengaturan dan kemudian gulir ke bawah untuk menemukan menu “Kualitas Audio”. Di sana, berbagai pilihan kualitas audio ditawarkan, mulai dari otomatis, rendah, normal, tinggi hingga sangat tinggi. Pilih mode kualitas audio yang diinginkan. Nantinya, keluaran audio akan disesuaikan dengan pilihan Anda.

5. Buat daftar putar dengan teman-teman

Spotify memiliki fitur yang disebut “Daftar Putar Kolaboratif”. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan teman Anda untuk mengetik lagu pilihannya ke dalam playlist. Sederhana: pilih “buat daftar putar” untuk membuat daftar putar baru, lalu klik ikon tiga titik (…) dan pilih opsi Daftar Putar Kolaboratif. Setelah mengklik opsi ini, teman yang Anda tentukan sebelumnya dapat menambah atau menghapus lagu yang Anda inginkan. Anda juga dapat mematikan opsi ini jika Anda merasa tidak nyaman dengan konten lagu yang ditambahkan oleh teman Anda. Berita Sepakbola

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.