Hati-Hati, Aplikasi FMWhatsApp Berisi Malware

Finance Solutions

Bagi Anda yang sering atau suka memasang aplikasi custom WhatsApp (mods), berhati-hatilah jika tidak ingin smartphone Anda terinfeksi malware.

Baru-baru ini, tim peneliti keamanan dari Kaspersky meluncurkan laporan tentang versi tertentu dari mod WhatsApp yang disebut FMWhatsApp yang berisi malware. Berita Gadget

Mengacu pada laporan Kaspersky melalui Tom’s Guide, Kamis (26/8/2021), mod FMWhatsapp terinfeksi malware yang secara otomatis dapat mengunduh dan menginstal malware yang lebih berbahaya, termasuk Trojan xHelper, yang terkenal sulit untuk dihapus.

Informasi, WhatsApp mod adalah aplikasi Android tambahan yang biasanya terdapat di luar Google Play Store. Mod ini memungkinkan pengguna untuk mengubah cara kerja WhatsApp.

Penawaran FMWhatsApp mis. Pengguna dapat menambahkan tema khusus, mengakses emoji aplikasi lain, dan mengunci aplikasi dengan PIN, kata sandi, atau sidik jari.

“Dengan aplikasi ini, sulit bagi pengguna untuk mengenali potensi ancaman karena aplikasi mod melakukan apa yang ditawarkannya: menambahkan fungsionalitas ekstra,” kata pakar Kaspersky Igor Golovin.

Salah satu cara untuk menghindari infeksi malware ini adalah dengan tidak menginstal aplikasi mod FMWhatsApp. Jika terpaksa mencobanya, jangan coba-coba download dan install FMWhatsApp versi 16.80.0. Berita Teknologi

FMWhatsapp 16.80.0 sendiri berisi Triada Trojan, sejenis malware mobile yang sudah ada sejak tahun 2017.

Dalam bentuknya yang sekarang, Triada merupakan “pengunduh” yang bertujuan untuk membuat lubang keamanan agar malware lain dapat diunduh dan diinstal.

Dalam hal ini, dengan xHelper, Triada menginstal beberapa jenis malware lain yang memiliki jenis opsi berbeda.

Opsi ini termasuk melihat iklan, melihat iklan “tersembunyi” untuk melakukan penipuan dan secara diam-diam membuat pengguna berlangganan langganan berbayar, mengumpulkan data ponsel, dan memasang malware Android lainnya. .

“Pengguna FMWhatsapp mengizinkan aplikasi untuk membaca pesan teks mereka,” kata Golovin kepada blog Kaspersky SecureList. “Kami tidak menyarankan menggunakan modifikasi aplikasi yang tidak sah, terutama mod WhatsApp.” Berita Sepakbola

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.