Instagram Khusus Anak-Anak

Finance Solutions

Menurut Peraturan Privasi (GDPR) Uni Eropa, batas usia seseorang yang diizinkan memiliki akun media sosial adalah 13 tahun. Aturan ini harus diikuti oleh semua platform media sosial, termasuk Facebook dan afiliasinya, seperti Instagram dan Messenger. Namun, Facebook dikabarkan membuat aplikasi Instagram khusus untuk anak-anak, untuk pengguna di bawah usia 13 tahun. Wakil Presiden Produk Instagram Vishal Shah dikabarkan mengumumkan peluncuran unggahan internal kepada karyawan Instagram. Berita Gadget

Dalam postingan tersebut, Shah juga mengatakan Instagram for Kids akan memiliki opsi keamanan dan privasi yang lebih baik untuk remaja. Inilah perbedaan antara Instagram untuk anak-anak dan Instagram biasa. “Dengan senang hati saya laporkan bahwa ke depan kami akan menampilkan upaya anak muda sebagai hal penting untuk Instagram dan kami telah memprioritaskan mereka di paruh pertama daftar kami,” demikian postingan Shah.

Shah menambahkan bahwa perusahaannya sedang membuat sesuatu yang baru dalam kelompok produk komunitas yang akan fokus pada dua hal. Pertama, percepat upaya orientasi dan privasi untuk memastikan pengalaman yang paling aman bagi remaja. Kedua, buat versi baru Instagram yang memungkinkan anak-anak di bawah 13 tahun menggunakan Instagram dengan aman untuk pertama kalinya.

Facebook mengonfirmasi kabar tersebut. Facebook menjelaskan bahwa Instagram for Kids akan dikontrol sepenuhnya oleh orang tua. Seorang juru bicara Facebook mengatakan bahwa saat ini banyak anak yang meminta izin kepada orang tua mereka, jika mereka dapat menggunakan aplikasi Instagram orang tua mereka, untuk bersilaturahmi dengan teman-temannya. Berita Teknologi

Mereka ingin membawa apa yang mereka buat di Messenger Kids, turunan dari aplikasi Messenger khusus untuk anak-anak yang dijalankan oleh orang tua atau wali mereka, ke Instagram untuk anak-anak nanti. “Kami mencari pengalaman ‘dikelola orang tua’ di Instagram untuk membantu anak-anak tetap berhubungan dengan teman, menemukan hobi dan minat baru, dan banyak lagi,” tambah juru bicara Facebook.

Membatasi Komunikasi Baru-baru ini, Instagram menjadi bersemangat dalam mempromosikan keamanan dan privasi, terutama untuk pengguna di bawah usia 18 tahun. Misalnya, pengguna dewasa (di atas 18 tahun) tidak dapat mengirim pesan langsung atau pesan langsung (DM) ke pengguna di bawah usia tersebut kecuali mereka berdua mengikuti satu sama lain. Sebelumnya, Instagram mengizinkan siapa saja untuk mengirim dan menerima DM tanpa harus saling mengikuti.

Instagram juga akan memperingatkan pengguna di bawah usia 18 tahun untuk lebih berhati-hati saat melakukan percakapan dengan orang dewasa yang terhubung. Akan muncul notifikasi jika hal-hal mencurigakan telah dilakukan oleh orang dewasa dalam percakapan melalui DM. Misalnya, jika orang dewasa mengirimkan banyak permintaan pertemanan atau pesan kepada pengguna di bawah usia 18 tahun.

Selain itu, Instagram juga akan melarang orang dewasa mencari konten dan mengikuti pengguna remaja. Pembatasan ini juga berlaku jika mereka ingin melihat konten yang diupload oleh remaja melalui Reels of Explore. Pengguna di bawah usia 18 juga akan diminta untuk mengubah akun mereka menjadi pribadi. Berita Sepakbola

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.