Penerapan AI di Aktivitas Manusia

Finance Solutions

Kalian yang pernah menonton film Her mungkin sudah tidak asing lagi dengan. teknologi seperti sistem operasi Samantha sudah tidak asing lagi dengan kehidupan Anda saat ini. Sebelumnya, kecerdasan buatan (AI) seperti sistem operasi Samantha hanya bagian dari fiksi ilmiah. Namun dengan perkembangan teknologi kini hal tersebut telah menjadi kenyataan dan tidak lepas dari keseharian masyarakat.

AI adalah program komputer yang dirancang untuk melacak tindakan manusia dan pola pikir. Kehadirannya di beberapa perangkat teknologi sehari-hari dapat menghadirkan kemudahan bagi penggunanya. Nyatanya, tidak banyak orang yang jatuh cinta dengan kecanggihan ini. Jadi, apa saja contoh penggunaan AI sehari-hari? Berikut ulasannya. Berita Gadget

  • Chatbot

Pernahkah Anda menggunakan fitur chat customer service di sebuah website? Jika demikian, Anda mungkin sudah familiar dengan balasan otomatis yang muncul. Kemungkinan ini lahir berkat teknologi AI. Dalam dunia bisnis, terutama di era digital, chatbot memiliki banyak peran. Selain menjadi pusat layanan dan informasi 24 jam, teknologi ini berdampak tidak langsung pada penjualan.

Memang, semua informasi pelanggan yang berkomunikasi dengan chatbot dicatat. Sebutkan alamat email, nomor telepon, usia, jenis kelamin, dan kebiasaan. Dataset tersebut akan diolah untuk dijadikan bahan strategi pemasaran. Pendekatannya bisa melalui buletin, rekomendasi produk atau diskon.

  • Virtual reality (VR)

Virtual reality (VR) atau virtual reality merupakan perangkat teknologi yang memungkinkan seseorang untuk berinteraksi secara real time dengan suatu objek atau lingkungan imajiner yang dihasilkan dari simulasi komputer. Teknologi ini umumnya digunakan sebagai alat bantu observasi atau pelatihan di hampir semua bidang seperti kesehatan, penerbangan, militer, otomotif, astronomi, bisnis dan pendidikan.

Dalam industri hiburan, seperti film dan game, virtual reality juga sering digunakan. Jadi apa yang terjadi jika teknologi secanggih VR bergantian dengan AI? Jawabannya kurang lebih seperti yang digambarkan di film Iron Man. Semua karakter dalam film sebenarnya bisa hidup dan berinteraksi dengan data. Jadi jangan hanya menganalisis. Dengan kata lain, selain visualisasi yang lebih jelas, pengadopsian AI pada VR juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Kebanyakan orang sudah familiar dengan Google, YouTube, dan Spotify. Ketiga aplikasi ini seringkali digunakan sebagai sumber untuk mencari informasi dan memenuhi kebutuhan hiburan sehari-hari. Terkadang, pengguna mendapatkan rekomendasi konten saat mengunjungi salah satu platform ini. Faktanya, tidak jarang rekomendasi dibuat berdasarkan kebutuhan, selera, atau suasana hati Anda. Jika Anda bertanya-tanya dari mana asal kemampuan ini, jawabannya tidak lain adalah dukungan teknologi AI.

  • Mobil Pintar

Bagi kalian yang pernah menonton film Knight Rider tentunya pasti mengenal Knight Industries Two Thousand (KITT), mobil pintar yang mampu berbicara dan menuruti perintah pemiliknya yaitu Michael Knight. Ini kurang lebih merupakan implementasi dari kecerdasan buatan dalam dunia otomotif.

Fungsi AI pada mobil pintar biasanya terdiri dari dua. Pertama, sebagai infotainment human-machine interface, yaitu mendukung layanan digital seperti pengenalan suara, pengenalan gerakan, pelacakan mata dan pemantauan pengemudi. Kedua, sistem bantuan pengemudi canggih (ADAS) yang memungkinkan kendaraan melaju secara otomatis, disebut juga autopilot. Dengan kemampuan ini, AI bekerja dengan kamera, sensor, dan radar.

  • Kamera smartphone

Salah satu teknik perekaman yang awalnya hanya dapat dilakukan dengan kamera profesional adalah kamera smartphone Bokeh. Namun keberadaan teknologi AI pada ponsel membuatnya kurang relevan. Tidak hanya itu. Kehadiran AI pada kamera smartphone dapat meningkatkan kemampuan lensa untuk mengambil atau merekam foto, mendeteksi objek secara otomatis dan memaksimalkan sejumlah pengaturan, memastikan kualitas hasil jepretan. Berita Sepakbola

Perendaman kecerdasan buatan dalam smartphone telah menjadi sorotan sejak 2017, seperti dilansir Business Insider, Minggu (24/1/2018). Saat itu, produsen ponsel berlomba-lomba memperkenalkan AI sebagai fitur utama mereka.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *