Tips Antisipasi Pencurian OTP Via Call Forwarding

Finance Solutions

Kode sandi satu kali (OTP) adalah kunci penting untuk masuk ke akun jejaring sosial atau platform online apa pun. Kode rahasia ini biasanya dikirimkan ke nomor pengguna melalui pesan teks atau telepon. Namun kode ini dapat dicuri oleh pihak yang tidak berkepentingan dan digunakan untuk tindakan kriminal. Berita Gadget

Pencurian kode OTP biasa dilakukan melalui fitur call forwarding. Fitur ini memungkinkan orang lain untuk meneruskan panggilan dari nomor utama ke nomor lain. Selain panggilan, ada juga fitur penerusan panggilan SMS yang memungkinkan semua pesan teks diteruskan ke nomor lain. Operator seluler menyediakan fungsi ini sehingga pengguna selalu tersedia saat nomor utama tidak aktif, sibuk, atau di luar jangkauan.

Hanya saja peretas memanfaatkan fitur penerusan panggilan dengan baik untuk mencuri kode OTP dan mengendalikan akun media sosial seperti WhatsApp atau platform lain seperti aplikasi ojek di dompet online atau elektronik. Cara mematikan fungsi penerusan panggilan dengan kode USSD Biasanya pelakunya menggunakan mode teknis sosial, yaitu. manipulasi psikologis calon korban dengan mengusir atau menakut-nakuti korban agar mematuhi perintah. Penipu akan meminta calon korban untuk menekan * 21 *, * 61 *, * 67 * atau * 62 * diikuti nomor ponsel si penipu. Jika diikuti, fitur pengalihan panggilan akan aktif dan penipu dapat mengakses panggilan telepon pengguna. Di sinilah kode OTP rentan dicuri oleh penjahat.

Jika nomor Anda telah dipalsukan dengan dalih penerusan, Anda dapat segera menonaktifkannya. Untuk nomor Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL dan Hutchison 3 (Urutkan), cara pembatalan semua penerusan menggunakan fungsi penerusan yang sama, yaitu melalui kode USSD ## 21 # (nomor tujuan) # lalu pilih Yes OK. Misalnya: ## 21 # 08161234567 #.Berita Teknologi

Pengguna Smartfren dapat menggunakan kode negara * 710 (nomor tujuan) # untuk mematikan penerusan panggilan dan panggilan tak terjawab atau kode dering * 700 (nomor tujuan) # untuk mematikan semua penerusan panggilan tanpa syarat apapun (tanpa syarat).

Nonaktifkan Penerusan Panggilan di Android Anda juga dapat mematikan fitur penerusan panggilan di ponsel Android. Untuk melakukan ini, buka menu panggilan> lalu ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas> pilih pengaturan> pengaturan tambahan> penerusan panggilan. Kemudian pilih kontak yang ingin Anda nonaktifkan, lalu pilih nonaktifkan. Misalnya, jika Anda memilih Selector untuk menonaktifkan semua kontak, pilih opsi Selalu beralih lalu Nonaktifkan.

Sedikit catatan, antarmuka yang digunakan KompasTekno di atas adalah OneUI 2.5 berbasis Android 10. Biasanya setiap ponsel Android memiliki antarmuka yang berbeda, namun caranya kurang lebih sama. Untuk menghindari mode penipuan dan pencurian kode OTP saat meneruskan atau meneruskan pesan teks, jangan mengandalkan pesan atau panggilan atas nama pihak tertentu.

Selain itu, jika pengguna diminta untuk memasukkan kode OTP yang sebenarnya dirahasiakan. Tidak ada salahnya mengeluh kepada penyedia layanan anonim jika Anda pernah mengalami penipuan berkedok penerusan panggilan. Berita Sepakbola

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.