Tips Atasi & Hindari Malware di Komputer

Finance Solutions

Malware adalah program / software yang dirancang untuk menyusup ke sistem komputer. Malware dapat menginfeksi komputer dengan masuk secara diam-diam melalui email, unduhan Internet, atau program yang terinfeksi. Bahaya, malware dapat merusak sistem komputer dan bahkan berisiko pada pencurian data atau informasi penting. Biasanya, ini terjadi saat pengguna mengunduh perangkat lunak dari situs ilegal atau saat tautan dimasukkan ke dalam email oleh perangkat lunak jahat.

Malware itu sendiri termasuk virus, worm, Trojans, spyware, adware berbahaya, dan program jahat lainnya. Namun jangan panik, karena sistem operasi komputer saat ini mampu melindungi pengguna dari ancaman online seperti malware dan virus.

Namun, jika Anda tidak berhati-hati, komputer Anda masih bisa terinfeksi. Jadi, bagaimana Anda tahu jika komputer Anda terinfeksi perangkat lunak perusak dan, yang lebih penting, bagaimana Anda menyingkirkannya?

Berita Teknologi
Jika suatu hari komputer Anda tiba-tiba crash dan melakukan “hal-hal aneh”, itu berarti ada yang tidak beres. Ada banyak alasan mengapa hal ini bisa terjadi, seperti perangkat keras lama, komponen yang buruk dan rusak, kesalahan sistem operasi, atau bisa jadi itu merupakan tanda sesuatu yang lebih “berbahaya”. Misalnya, jika komputer Anda berjalan lebih lambat dari biasanya, perangkat lunak perusak dapat berjalan di latar belakang dan menurunkan sumber daya komputer. Jadi bagaimana Anda memastikannya?

Dilansir Ubergizmo, Senin (24/8/2020), merupakan cara cepat dan mudah untuk memindai malware, mengecek Windows Task Manager untuk melihat aplikasi atau layanan mana yang sedang berjalan.

1. Buka Task Manager

2. Klik Proses dan cari perangkat lunak atau layanan yang tidak Anda ketahui

3. Klik kanan dan pilih “Search online”

Langkah ini dipilih untuk melihat apakah orang lain melakukan (menjalankan) proses yang sama di komputer Anda. Terkadang ada proses yang mungkin tidak Anda kenal, tetapi itu tidak berarti itu malware atau virus.

Jika Anda masih tidak dapat menemukan apa yang terjadi, mungkin sudah waktunya untuk memindai, caranya : Berita Gadget

1. Buka Windows Security

2. Pilih “Virus & threat protection”

3. Klik “Quick Scan”

4. Jika memungkinkan, klik “Scan Options” dan pilih Full Scan untuk penyelidikan lebih lanjut.

5. Jika virus atau malware ditemukan, Anda dapat memilih untuk menghapusnya dari komputer Anda.

Saat keamanan sistem operasi komputer Anda menjadi lebih canggih, Anda perlu melakukan ini untuk mencegah malware.

  • Jangan membuka email atau lampiran dari orang asing
  • Jangan klik tautan mencurigakan yang dikirim dari SMS atau situs web
  • Selalu pastikan bahwa email atau situs yang Anda kunjungi legal dan dapat diandalkan
  • Hindari mengunduh atau menjalankan file dari sumber yang tidak tepercaya. Berita Sepakbola

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.