Tips Atasi Smartphone Yang Mulai Melambat

Finance Solutions

Smartphone Android sering terasa lebih lambat dan lebih lambat dan turun dengan mudah. Hal semacam ini tentu mengecewakan, apalagi jika Anda membeli ponsel terobosan dengan banderol harga hampir puluhan ribu rupiah. Setelah Anda membelinya, ponsel Android akan berjalan cepat dan lancar. Setelah beberapa bulan penggunaan, kinerjanya menurun. Faktanya, kinerja yang lambat tidak selalu permanen. Ada hal-hal yang terjadi karena suatu alasan yang dapat disembuhkan dengan menempuh jalan tertentu.

Coba tujuh cara ampuh yang dirangkum dari berbagai sumber untuk mengembalikan performa ponsel Anda seperti saat dibeli.

1. Perbarui sistem operasi Berita Gadget

Pastikan ponsel Android yang Anda gunakan sudah diperbarui dengan versi sistem operasi terbaru. Untuk melakukannya, buka Pengaturan > Tentang Perangkat > Pembaruan Perangkat Lunak dan tekan tombol Periksa Pembaruan. Ketika Anda menemukan pembaruan, unduh dan instal segera di ponsel Anda. Selain meningkatkan kinerja, pembaruan ini biasanya menyertakan beberapa fitur baru.

Hal yang sama berlaku untuk aplikasi yang diinstal di telepon. Usahakan selalu update agar kinerja program tetap cepat. Tentu saja, tidak semua produsen ponsel merilis pembaruan untuk sistem operasi Android yang mereka gunakan. Faktanya, keamanan berkala atau pembaruan sistem sering hilang. Jika demikian, tidak banyak yang dapat Anda lakukan tentang hal itu. Pengguna hanya memperhatikan dan memilih produsen yang rajin memperbarui perangkat lunaknya.

2. Bersihkan Home screen

Home screen atau layar utama seringkali dipenuhi dengan berbagai shortcut aplikasi, baik yang baru diinstal maupun karena sering digunakan. Cobalah untuk membersihkan pintasan, hapus dan biarkan di sana jika perlu. Pastikan juga wallpaper yang terpasang statis. Hindari memindahkan latar belakang karena mereka berperan dalam kinerja telepon.

3. Hapus atau Nonaktifkan Program yang Tidak Digunakan Berita Sepakbola

Jika Anda menemukan program yang jarang atau tidak pernah digunakan, segera hapus. Pasalnya, aplikasi tersebut juga mengisi ruang perawatan ponsel tersebut. Ini berarti bahwa aplikasi berkontribusi pada beban. Jika Anda tidak dapat menghapusnya, Anda biasanya dapat menonaktifkan aplikasi agar tidak memakan memori. Caranya, masuk ke Settings > Applications dan perhatikan aplikasi yang tersedia. Jika Anda menemukan satu atau lebih yang tidak diperlukan, klik dan pilih nonaktifkan untuk menonaktifkannya tanpa menghapusnya atau menghapusnya agar segera dihapus.

4. Nonaktifkan Animasi

Menonaktifkan atau menonaktifkan animasi, kinerja Android Anda bisa lebih cepat. Caranya, masuk ke Settings > About Phone, lalu cari Device Information atau menu System. Temukan kolom nomor build di menu. Ketuk kolom 7 kali untuk mengaktifkan mode pengembang. Kemudian pengaturan pengembang akan muncul di menu Pengaturan. Temukan kolom Skala Animasi, Skala Animasi Transisi, dan Skala Durasi Animasi. Ubah angka menjadi 0,5x atau ke Animate off.

5. Membersihkan cache aplikasi

Aplikasi biasanya menyimpan data cache untuk dibuka kembali dengan cepat. Seiring waktu dan dengan penggunaan telepon, data cache dapat menumpuk dan menghabiskan banyak memori. Performa ponsel melambat.

Untuk kinerja yang sedikit lebih lancar, coba kosongkan memori telepon. Buka Pengaturan> Aplikasi lalu pilih aplikasi yang biasanya menyimpan banyak cache. Misalnya, media sosial seperti Path. Buka aplikasi dan pilih Hapus cache. Jika Anda menggunakan Android 6.0.1 Marshmallow, Anda bisa masuk ke Settings > Storage dan pilih kolom Clear cache. Dalam praktiknya, setiap ponsel menempatkan kolom cache kosong ini di posisi yang berbeda. Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat menghapus cache, mis. CC Cleaner atau Cleanmaster.

6. Mematikan sinkronisasi otomatis

Seringkali pengguna Android membuat beberapa akun, seperti media sosial, email, dan lainnya. Akun ini biasanya dipasang dalam mode sinkronisasi otomatis. Sinkronisasi otomatis itu sendiri adalah fitur yang berguna, sehingga aplikasi secara otomatis mengambil data terbaru dalam waktu tertentu, misalnya untuk menerima email. Meskipun ini berguna jika terlalu banyak aplikasi yang menggunakannya, sinkronisasi otomatis juga dapat memperlambat ponsel Anda. Nah, solusinya adalah dengan memilih dan mematikan sinkronisasi otomatis untuk beberapa aplikasi. Apalagi yang tidak terlalu membutuhkan.

7. Factory Reset Berita Teknologi

Cara termudah untuk meningkatkan kinerja ponsel Android Anda adalah dengan melakukan factory reset. Ini akan mengembalikan perangkat lunak telepon ke keadaan Anda baru saja membelinya dan membersihkan semua data di dalamnya. Ini sebenarnya tidak mudah karena menghapus semua aplikasi dan data. Anda bahkan harus mengunduh beberapa program yang sangat penting dan kemudian menyalin datanya lagi. Namun, melakukan reset pabrik secara teratur dapat dengan cepat mempertahankan kinerja ponsel. Ingatlah untuk menyimpan cadangan sebelum melakukan ini.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.