Tips Mengatasi Peretasan Akun

Finance Solutions

Pengguna internet harus menyadari keamanan akun mereka. Salah satu bahaya yang mengancam Internet adalah peretasan akun. Dalam banyak kasus, pengguna pertama kali mengetahui bahwa mereka telah diretas karena mereka tidak dapat mengakses akun mereka.

Berita Teknologi
Ini karena peretas pertama kali mengubah kata sandi, mengunci korban, dan memiliki kendali penuh atas akun yang telah dicuri. Jika ini terjadi, masih banyak cara untuk melakukannya. Berikut beberapa tips dari Kaspersky untuk menangani akun yang diretas, seperti dikutip dalam siaran pers resmi Jumat (21/8/2020).

1. Atur ulang kata sandi

ika Anda bertindak cepat, peretas mungkin tidak punya banyak waktu untuk menghapus email dari akun Anda. Oleh karena itu, segera ubah kata sandi Anda.

2. Beritahu orang

Berkomunikasi dengan semua rekan Anda dan orang yang memiliki hubungan dengan Anda, misalnya dengan memberi tahu mereka tentang akun yang diretas melalui pos media sosial. Jika orang menemukan bahwa akun mereka telah diretas, mereka cenderung tidak tertipu jika peretas mulai mengirim permintaan atas nama Anda. Seperti penarikan uang tunai untuk keadaan darurat, karena sistem ini sering terjadi.

3. Hubungi bank atau layanan keuangan

Hal ini harus dilakukan jika hacker telah meretas akun di sistem pembayaran atau akun yang menyimpan data perbankan sejenisnya. Anda memiliki kartu kredit.

4. Gunakan antivirus Berita Gadget

Anda dapat memindai komputer Anda dengan program antivirus. Ini memastikan bahwa komputer Anda bebas dari malware yang dapat digunakan untuk mencuri sandi akun.

5. Ingat daftar layanan yang terkait dengan akun tersebut

Anda juga harus menentukan layanan utama yang terkait dengan akun yang diretas. Ingat semua layanan yang Anda masukkan dengan akun ini.

6. Coba masuk ke akun Anda

Coba masuk ke layanan dan putuskan sambungannya dari akun yang diretas.

7. Ubah kata sandi untuk layanan Internet

Ubah kata sandi untuk akun terkait serta semua layanan yang menggunakan kata sandi yang sama dengan akun yang diretas. Kami menyarankan Anda juga untuk mengubah masalah keamanan untuk layanan lain jika masalah tersebut juga digunakan pada akun yang diretas. Yang terbaik dari semuanya, Anda juga perlu mengkonfigurasi otentikasi dua faktor.

8. Hubungi layanan yang digunakan

Hubungi dukungan untuk akun terkait, seperti Facebook, Google, Instagram, dan Twitter, lalu coba pulihkan akses ke akun yang terpengaruh. Berita Sepakbola

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.