Ciri Akun WhatsApp Dibajak

Finance Solutions

Akun WhatsApp dapat dieksploitasi dan diretas oleh berbagai pihak untuk tujuan yang berbeda dan ada indikasi bahwa Anda dapat mengidentifikasi jika akun WhatsApp Anda dieksploitasi.
Peretasan ini pasti dapat membahayakan pengguna karena peretas dapat melacak aktivitas di WhatsApp. Semuanya dapat dilihat melalui pesan pribadi, konten kontak, dan lainnya. Lebih buruk lagi, data Anda kemungkinan besar akan bocor.

Cara meretas WhatsApp

Berita Gadget
Ada beberapa cara untuk membajak dan memata-matai aktivitas WhatsApp, mulai dari menginstal aplikasi pihak ketiga menggunakan WhatsAppweb, hingga cara paling canggih untuk mengirim malware ke ponsel dari korban.

Malware paling canggih yang digunakan untuk memata-matai ponsel korban, yang telah menjadi bahan diskusi banyak, adalah Pegasus. Pasalnya, malware asal Israel ini digunakan untuk memata-matai Jeff Bezos, sehingga ditransfer dalam kasus pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi.

Malware ini dikirim ke korban melalui Whatsapp menyembunyikannya sebagai file video atau foto. Bahkan malware ini juga bisa dikirim melalui SMS.

Tanda Fitur WhatsApp yang Diretas

  1. Kirim pesan yang belum dikirim pengguna

Pernahkah Anda merasa seperti Anda tidak mengirim pesan tanpa menyadarinya? Jika demikian, seseorang mungkin menggunakan akun WhatsApp Anda. Mengirim pesan tanpa sepengetahuan pengguna adalah tanda bahwa WhatsApp sedang dieksploitasi.

2. Status online walaupun tidak aktif
Jika statusnya online tapi WhatsApp tidak aktif, mode ini bisa jadi pertanda ada yang aneh, termasuk menguping. Untuk mengetahuinya, coba cek status WhatsApp melalui akun lain saat Anda tidak membuka aplikasi WhatsApp di ponsel atau desktop Anda.

3. Pesan telah dibaca

Berita Teknologi
Dua tanda centang biru menunjukkan bahwa pesan telah dibaca. Namun bagaimana jika Anda merasa belum pernah membaca atau membuka postingan tersebut? Ini adalah salah satu fitur WhatsApp untuk dikendalikan dari jarak jauh. Dalam hal ini, akun WhatsApp pengguna disalin ke aplikasi kloning WhatsApp menggunakan kode QR untuk digunakan di WhatsAppWeb.

4. Matikan akun WhatsApp secara tiba-tiba
WhatsApp tidak dapat digunakan di dua perangkat secara bersamaan. Jika nomor yang sama digunakan di perangkat lain, akun WhatsApp di salah satu perangkat akan otomatis dihentikan.
Ini bisa menunjukkan bahwa seseorang sedang mencoba mengakses akun WhatsApp Anda. Biasanya pesan berikut ditampilkan:

“Nomor telepon Anda tidak lagi terdaftar di WhatsApp di ponsel Anda. Mungkin karena Anda mendaftarkannya di ponsel lain. Jika tidak, Anda harus mengonfirmasi nomor telepon Anda untuk masuk ke akun Anda lagi”

Jika Anda menerima pesan seperti di atas, jangan pilih “OK”. Sebagai gantinya, konfirmasikan bahwa akun WhatsApp tidak akan dipindahkan ke ponsel lain.

5. Dapatkan kode OTP yang dikirimkan kepada Anda
Jika WhatsApp berhenti secara otomatis dan Anda menerima kode OTP, Anda disarankan untuk tidak memberikan kode tersebut kepada siapa pun.

6. WhatsApp tampaknya berjalan di perangkat yang tidak dikenal

Berita Sepakbola
Peretas dapat membobol WhatsApp Anda dengan mengaktifkan WhatsAppweb di perangkat lain. Hal ini dapat diketahui dengan mengecek melalui WhatsappWeb perangkat mana saja yang memiliki akses ke akun tersebut.

Untuk mengetahui apakah WhatsApp Anda berjalan di perangkat yang tidak dikenal, buka tiga titik di sudut kanan atas jendela WhatsApp Anda. Buka WhatsAppWeb dan lihat daftar semua sesi yang terbuka. Ini akan memungkinkan Anda untuk melihat semua perangkat yang terhubung ke WhatsApp Anda.

Jika Anda melihat pesan “Ponsel ini tidak dapat diverifikasi”, itu berarti WhatsApp Anda telah digunakan oleh perangkat yang tidak dikenal, seperti dilansir India Today.

7. Baterai cepat habis, handphone sering panas.
Jika baterai ponsel Anda terkuras lebih cepat dari biasanya dan Anda melihat pesan unduhan tertunda yang tidak dikenali, ini menunjukkan bahwa ponsel Anda mungkin dikendalikan oleh aplikasi pihak ketiga yang tidak Anda kenal.

Aplikasi latar belakang ini menguras baterai dan mengunduh serta mengunduh secara diam-diam. Aplikasi ini dapat diinstal oleh orang lain ketika telepon tidak dengan pengguna.

Tanda lainnya adalah ponsel sering memanas sendiri bahkan dengan layar mati. Gejala hotphone ini bahkan lebih umum daripada sebelumnya, jadi Anda harus berhati-hati karena prosesor melakukan pekerjaan berat dan mungkin rusak.

8.Whatsapp sering crash dan lambat
Ketika Anda melihat WhatsApp Anda, itu sering macet. Jika seseorang memata-matai WhatsApp Anda, Anda mungkin memperhatikan bahwa ponsel Anda, terutama WhatsApp, berjalan lebih lambat dari sebelumnya.
Hal ini disebabkan penggunaan RAM yang berlebihan untuk beberapa aplikasi. Jika WhatsApp Anda sering hang, Anda dapat menganggap ini sebagai tanda lain dari perilaku mata-mata.

9. HP sering bereaksi sendiri
Indikasi lain adalah ponsel Anda berbunyi bip atau berdengung tanpa alasan. Telepon mungkin bergetar meskipun tidak ada pesan yang dikirim ke perangkat Anda.
Itu juga bisa menjadi tanda bahwa WhatsApp Anda akan dimata-matai dan prosesnya sedang berlangsung, seperti yang dilaporkan Techniqueho.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.