Tertinggi Di ASEAN Jumlah Pengguna Domain .id

Finance Solutions

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) mencatat sejarah baru dalam pertumbuhan jumlah nama domain .id. Per 31 Juli tahun ini, jumlah pengguna domain .id sebanyak 534.876. Hasil ini menunjukkan bahwa domain .id berhasil menyalip jumlah pengguna nama domain Vietnam (.vn) yang mendominasi. ASEAN). Berita Gadget

Dengan diluncurkannya situs resmi .vn pada akhir Juli lalu, domain .vn memiliki 531.672 pengguna, sehingga domain .id berhasil melewati .vn dan menjadi penguasa ASEAN. Pencapaian ini dapat dilihat sebagai kontribusi PANDI dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76.

Gunawan Tyas Jatmiko, Business Development, Marketing and Collaboration Assistant PANDI menjelaskan, pencapaian tersebut bukanlah hal yang mudah, begitu juga dengan dampak pandemi yang menyebabkan daya beli masyarakat turun drastis. . Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran yang diperlukan untuk membawa domain .id ke pasar agar dapat berkembang secara signifikan.

“Saat ini pesaing terbesar kami adalah Vietnam (.vn), yang sebelumnya menduduki posisi teratas di ASEAN. Namun berdasarkan statistik yang tersedia, seperti perkiraan kami bahwa pada kuartal ketiga, kami yakin dapat melampaui .vn , dan terbukti .id kini juara ASEAN,” kata Gunawan dalam keterangan resminya, Senin (16/8).

Dari 13 jenis domain .id yang dikelola PANDI, ~.id masih menjadi domain dengan peringkat tertinggi dengan total 205.846. Dengan demikian, my.id berada di urutan kedua dengan 119.738 dan co.id dengan 110.335. Berita Teknologi

Heru Nugroho, Deputi Direktur Pengembangan Bisnis, Pemasaran dan Kolaborasi PANDI menambahkan, apa yang telah dicapai PANDI tidak lepas dari kerja sama dengan mitra bisnis untuk melakukan kegiatan baik online maupun offline untuk meningkatkan brand awareness domain .id. .

“Kami terus merangkul mitra usaha, dalam hal ini pendaftar untuk bersama-sama melakukan kegiatan sosialisasi untuk memperluas distribusi. Kami juga menjalin kerjasama dengan partner di luar bidang IT, sehingga meningkatkan kemasyhuran PANDI dan Id tidak hanya dikalangan peneliti IT saja, tetapi juga dikenal oleh seluruh stakeholders lembaga budaya dunia UNESCO, yang turut serta dalam publisitas internasionalnya, sehingga memiliki Citra positif dapat berdampak pada “peningkatan jumlah pengguna nama domain .id”, kata Heru. .

Data pertumbuhan nama domain di ASEAN per Desember 2020 adalah untuk Indonesia, Malaysia, Vietnam, Singapura dan Thailand. Tentu saja terjadi peningkatan yang signifikan pada nama domain Indonesia (.id). Pertumbuhan domain .id mencapai 37,9% pada tahun 2020, menjadikan .id sebagai nama domain ASEAN dan ccTLD dengan pertumbuhan tercepat di dunia, menurut data lembaga penelitian Eropa, Council of European National Top-Level Domain. Register (PUSAT).

“Ini terutama hasil kerja keras tim kecil yang hanya beranggotakan enam orang: Miki, Fajar Yugaswara, Chika Hayunigtyas, Ferdi Cahya Abdillah dan Ratih Ayu. Mereka dikoordinir oleh Gunawan sebagai deputi. Shidiq Purnama sebagai CRO PANDI Saya bangga dengan kinerja mereka dan berharap tim dapat bekerja lebih keras lagi, ”kata Heru.

Selain senang, lanjut Heru, persaingan domain CCTLD antar negara ASEAN semakin ketat, apalagi pertumbuhan domain .vn selama ini mendominasi ASEAN. Persaingan yang sehat ini dapat mendorong PANDI untuk lebih aktif lagi dalam pengelolaan domain .id.

“Kita juga tahu bahwa Vietnam (.vn) adalah pesaing dominan kita, namun berkat kerja keras semua pihak, akhirnya kita bisa menyalip Vietnam dan sekarang kita juara dengan pengguna lapangan terbanyak di ASEAN,” pungkasnya. . . Berita Sepakbola

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.