Melihat Desain Antarmuka Windows 11

Finance Solutions

Setelah diumumkan pada Juni lalu, sistem operasi (OS) Microsoft Windows 11 terbaru akhirnya resmi dirilis dan tersedia untuk diunduh oleh pengguna umum. Kabar baiknya adalah Windows 11 hadir dengan Microsoft secara gratis (gratis) dan sudah tersedia untuk diunduh oleh mereka yang memiliki laptop / PC dengan sistem operasi Windows 10 asli. Dibandingkan pendahulunya,

Windows 11 membawa sejumlah perubahan dari desain antarmuka yang dihadirkan. Misalnya, Microsoft mengubah beberapa visual dengan menghadirkan konsep dengan jendela aplikasi transparan dengan sudut yang lebih membulat.

Tata letak menu bilah tugas dan menu mulai harus direvisi. Simak penjelasan berikut untuk perubahan tampilan yang dilakukan oleh Windows 11:

Saat pertama kali melihat antarmuka utama Windows 11, perubahan paling mencolok dapat ditemukan di bilah tugas. Berbeda dengan generasi sebelumnya, ikon aplikasi yang berbeda dan tombol start Windows 11 tidak lagi berada di dekat kiri, melainkan di tengah.

Desain ini mengingatkan pada dock sistem operasi MacOS, yang juga menempatkan ikon pintasan aplikasi di tengah. Akibatnya, sisi kiri bilah tugas Windows 11 tampak kosong. Di sebelah kanan ada beberapa ikon menu jam lagi, status baterai, untuk koneksi wifi yang terhubung.

Bilah tugas Windows 11 masih dapat dikustomisasi, tetapi tidak sebanyak di versi Windows sebelumnya. Pengguna tidak lagi dapat mengubah ketinggian bilah tugas, mengubah posisi bilah tugas, menyesuaikan ukuran ikon aplikasi. Sementara itu, menu Start kini terlihat lebih sederhana, tanpa bertumpuk dengan live tile yang menampilkan berbagai informasi seperti di Windows 10. Hanya ada satu set aplikasi — sebagian besar terkait Microsoft — yang terkait dengan halaman utama.

Di sudut kanan atas terdapat tombol “Semua aplikasi” yang mencantumkan semua aplikasi secara berurutan berdasarkan nama, dari A hingga Z.

Pengguna tentu sudah tidak asing lagi dengan garis lurus dan sudut tajam yang muncul di Windows 10 dalam aplikasi jendela. Dengan konsep tersebut, Microsoft seolah memberikan kesan kaku dan kokoh pada Windows 10. Kini desain jendela di Windows 11 berbeda dengan memakai desain membulat di keempat ujungnya.

  • Ikon aplikasi bergaya baru

Dengan pembaruan Windows 11, Microsoft juga mengubah desain ikon di beberapa aplikasi standar, termasuk File Explorer. Pengguna akan menemukan warna biru tambahan pada ikon aplikasi pengelola file.

Perubahan penting ditemukan pada ikon folder di menu My PC. Setiap folder di menu My PC tidak lagi memiliki ikon file latar belakang kuning, tetapi sekarang dikategorikan berdasarkan warna ikonnya masing-masing. Misalnya, ikon folder video didominasi warna ungu, sedangkan ikon folder musik berlatar belakang merah.

Selain daftar folder dan aplikasi di atas, beberapa ikon baru juga telah direvisi oleh Microsoft, Snipping Tool, Mail, Calendar, MS Paint, Microsoft Store, dan masih banyak lagi.

Untuk memudahkan pengguna yang terbiasa multitasking atau membuka banyak aplikasi sekaligus, Microsoft juga telah merilis fitur Snap Layout. Fitur ini sebenarnya sudah ada sejak Windows 7. Namun di Windows 11, Microsoft melakukan perbaikan pada fitur Snap Layout, seperti memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan lokasi lingkup aplikasi yang sedang terbuka.

Berbagai opsi tata letak jendela yang dapat dikonfigurasi pengguna, seperti menempatkan dua jendela aplikasi berdampingan, jendela besar dengan dua jendela kecil di samping.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.